Mengenal Lebih Dekat Tanaman Stroberi Buahan Sehat Lambang Dewi Cinta




Tanaman stroberi merupakan tanaman buah berupa herba yang ditemukan pertama kali di Chili, Amerika. Salah satu spesies tanaman stroberi yaitu Fragaria choiloensis L. menyebar ke berbagai Negara Amerika, Eropa dan Asia. Selanjutnya spesies lain, yaitu Fragaria vesca L.lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis stroberi ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia. Stroberi yang kita temukan di pasar swalayan adalah hibrida yang dihasilkan dari persilangan Fragaria virgiana L. var Duchesne asal Amerika Utara dengan Fragaria Chiloensis L. var Duchesne asal Chili. Persilangan itu menghasilkan hybrid yang merupakan stroberi modern (komersil) Fragaria x annanassa var Duchesne. Spesies tanaman stroberi yaitu Fragaria chiloensis L. menyebar ke berbagai Negara di Amerika, Eropa dan Asia. Sementara spesies lainnya yaitu Fragaria vesca L tersebar lebih luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis stroberi Fragaria vesca yang pertama kali masuk di Indonesia.


Klasifikasi Stroberi

Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo (bangsa) : Rosales
Famili (suku) : Rosaideae
Subfamili : Rosaceae
Genus (marga) :Fragaria
Spesies :Fragaria sp

Stroberi adalah tanaman sub tropis yang dapat beradaptasi dengan baik didataran tinggi tropis yang memiliki temperature 17-20 derajat C dan disertai dengan curah hujan 600-700 mm/tahun. Stroberi juga membutuhkan kelembapan udara yang baik untuk pertumbuhannya yang berkisar antara 80-90% dan lama penyinaran cahaya matahari yang dibutuhkan sekitar 8-10 jam setiap harinya. 

Struktur akar tanaman stroberi terdiri atas pangkal akar (collum), batang akar (corpus), ujung akar (apex), bulu akar (pilus radicalis), serta tudung akar (calyptra). Tanaman stroberi berakar tunggang (radix primaria) terus tumbuh memanjang dan berukuran besar. Akar serabut stroberi di dalam tanah tumbuh dangkal dan menyebar secara horizontal sepanjang 30 cm dan secara vertical dapat mencapai kedalaman 40 cm. Akar muncul dari batang yang pendek dan tebal berbentuk rumpun. Dari rumpun tersebut dapat muncul tunas yang akan menjadi crown baru, sulur dan bunga. 

Secara botani sulur merupakan batang ramping yang tumbuh keluar dari ketiak daun pada dasar rumpun dan menjalar sepanjang permukaan tanah. Sulur dapat digunakan sebagai ‘alat’ untuk menghasilkan tanaman baru. Batang utama tanaman ini sangat pendek. Daun-daun terbentuk pada buku dan ketiak setiap daun terdapat pucuk aksilar. Internode sangat pendek sehingga jarak daun yang satu dengan yang lainnya sangat kecil dan member penampakan seperti rumpun tanpa batang. Batang utama dan daun yang tersusun rapat ini disebut crown. Ukuran crown berbeda-beda menurut umur, tingkat perkembangan tanaman, kultivar dan kondisi lingkungan pertumbuhan. Daun tumbuh melingkar rumpun, berbulu lebat sampai jarang (tergantung varietas), terdiri atas tiga anakan daun (daun majemuk), dengan tepi bergerigi. Daun disangga oleh tangkai yang panjang. 


Bunga stroberi mempunyai 10 kelopak yang berwarna hijau, 5 mahkota berwarna putih, 60 sampai 600 putik dan 20 sampai 35 benang sari yang tersusun sekitar stigma di atas dasar bunga. Penyerbukan stroberi terjadi secara silang dengan bantuan angin, serangga (kupu-kupu, lebah) maupun manusia. Bunga berbentuk tandan yang terdiri atas beberapa tangkai utama yang masing-masing ujungnya terdapat satu bunga yang disebut bunga primer, dan dua tangkai serta bunga-bunga di bawahnya yang disebut bunga sekunder. Di bawah bunga sekunder terdapat bunga tersier dan kuartener. Ukuran tangkai bunga selalu lebih panjang daripada daun. Pemunculan rangkaian dan mekarnya bunga terjadi secara berurutan, dan berlangsung selama empat minggu. Biasanya sebanyak 6 sampai 8 bunga pertama pada setiap tangkai akan mekar lebih awal, yang selanjutnya diikuti oleh bunga di bawahnya. 

Buah stroberi yang kita kenal sebenarnya adalah buah semu, bukan buah yang sebenarnya. Buah stroberi yang dikenal masyarakat selama ini adalah reseptakel atau jaringan dasar bunga yang membesar. Buah yang sebenarnya adalah biji-biji kecil berwarna putih yang disebut dengan achen. Achen berasal dari sel kelamin betina yang telah diserbuki dan kemudian berkembang menjadi buah kerdil. Achen menempel pada permukaan reseptakel yang membesar. Biji stroberi berukuran kecil, pada setiap buah menghasilkan banyak biji. Biji berukuran kecil terletak di antara daging buah. Pada skala penelitian atau pemuliaan tanaman biji merupakan alat perbanyakan tanaman secara generative.

Kondisi lingkungan tempat tanaman ini tumbuh dapat pula mempengaruhi rasa dan aroma buah stroberi, walaupun hal ini dipengaruhi oleh sifat genetik tanamannya. Varietas stroberi yang tumbuh di bawah cuaca cerah tetapi dingin pada malam harinya akan mempunyai rasa lebih enak dibanding yang tumbuh di bawah udara berawan, lembab dan panas di malam hari. Tanaman stroberi dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan 600–700 mm/tahun. Lamanya penyinaran cahaya matahari yang di butuhkan dalam pertumbuhan adalah 8–9 jam setiap harinya. Stroberi adalah tanaman sub tropis yang dapat beradaptasi dengan baik di dataran tinggi tropis yang memiliki temperatur 17–20o C. Kelembaban udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman stroberi antara 80–90 %.
 

Jika ditanam di kebun, tanah yang di butuhkan adalah tanah liat berpasir, subur, gembur, mengandung banyak bahan organik, tata air dan udara baik, derajat keasaman tanah (ph tanah) yang ideal untuk budidaya stroberi di kebun adalah 5.4–7.0, sedangkan untuk budidaya di pot adalah 6.5–7.0. Jika di tanam di kebun maka kedalaman air tanah yang disyaratkan adalah 50-100 cm dari permukaan tanah. Jika di tanam di dalam pot, media harus memiliki sifat poros, mudah merembeskan air dan unsur hara selalu tersedia. Ketinggian tempat yang memenuhi syarat iklim tersebut adalah 1.000–1.500 meter dpl.

Buah stroberi yang berwarna merah disebabkan buah ini kaya pigmentasi warna antosianin dan tinggi anti oksidan, selain itu juga stroberi kaya akan serat, rendah kalori, mengandung vitamin C, folat, potassium, serta asam ellagik). Stroberi memiliki kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan manusia, yaitu :
  • Flavonoid, sebagai ant ioksidan dan senyawa anti bakteri yang dapat mencegah terjadinya karies gigi.
  • Asam malat, sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan noda pada permukaan gigi. 
  • Vitamin C, untuk memelihara jaringan sel pada tubuh, menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Kandungan vitamin A,C,E dan Asam Ellagic, berfungsi melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. 
  • Anti oksidan, berfungsi untuk melindugi tubuh dari serangan kanker. Kandungan anti oksidan dalam stroberi tetap tinggi meskipun telah diolah menjadi bentuk lain.
  • Potasium dan Zat Besi, sangat efektif untuk menekan tekanan darah tinggi dan membuat lebih seimbang.
  • Asam Folat dan serat, cukup efektif mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh, dan mencegah penyakit jantung. Folat dalam pembentukan DNA, pertumbuhan jaringan dan fungsi sel dalam tubuh, serta membantu vitamin B12 dalam pembentukan sel darah merah. 

Kandungan asam organik utama yang paling banyak dijumpai pada buah stroberi adalah asam sitrat. Kandungan asam organik dalam buah stroberi akan meningkat seiring berjalannya dengan tingkat kematangan buah. Kandungan pemanis alami xylitol dan polifenol yang terdapat didalam stroberi tidak dapat difermentasikan oleh bakteri kariogenik seperti Streptococcus mutans. Kandungan tersebut dapat menghambat Streptococcus mutans sehingga pembentukan asam dapat dicegah dan pH saliva akan lebih stabil.

Demikian pembahasan singkat tentang mengenal lebih dekat tanaman stroberi buahan sehat lambang dewi cinta. Dimuat berdasarkan sumber dari : 
http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/2030/BAB%20II.pdf?sequence=18
http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/60092/Chapter%20II.pdf?sequence=4&isAllowed=y
Gambar dimuat berdasarkan penelusuran google gambar dengan kata pencarian "Buah stroberi, tanaman stroberi, buah segar stroberi". Sekian, semoga menjadi referensi bacaan yang bermanfaat!! Terimakasih.



 pasang iklan


No comments: