Mengenal Tanaman Umbi Sayuran Wortel (Daucus carota L)



Wortel (Daucus carota L.) termasuk jenis tanaman sayuran umbi semusim, berbentuk semak (perdu) yang tumbuh tegak dengan ketinggian antara 30 cm - 100 cm atau lebih, tergantung jenis dan varietasnya. wortel digolongkan sebagai tanaman semusim karena hanya berproduksi satu kali dan kemudian mati. Tanaman wortel berumur pendek yaitu berkisar antara 70-120 hari, tergantung pada varietasnya. Wortel (Daucus carota) berasal dari wilayah beriklim sedang, yakni Asia Timur dan Asia Tengah. Di Indonesia budi daya wortel pada mulanya hanya terkonsentrasi di daerah Lembang dan Cipanas, Jawa Barat dan kemudian menyebar luas ke daerah sentra sayuran di Jawa dan luar Jawa. Luas areal panen wortel nasional mencapai 27 149 ha yang tersebar di 22 provinsi.


Spesies Daucus carota L. Berkerabat dekat dengan seledri (Apium graveolens L.), parsley atau petroseli (Petroselinum crispum Mill), parsnip, adas, dan sebagainya. Spesies ini memeiliki banyak varietas yang sudah dibudidayakan oleh masyarakat.

Klasifikasi Ilmiah Wortel :

Devisio : Spermatophyta (Tumbuhan berbiji)
Subdevisi : Angiospermae (Biji berada dalam buah)
Kelas : Dicotyledonae (biji berkeping 2/ biji belah)
Ordo : Umbelliferales
Famili : Umbellifirae/ Apiaceae/ Ammiaceae
Genus : Daucus
Spesies : Daucus carota L.

Secara morfologi, bagian-bagian penting yang terdapat pada tanaman wortel adalah sebagai berikut.
Daun
Daun tanaman wortel termasuk daun majemuk, menyirip ganda dua atau tiga, dan bertangkai. Daun memiliki anak-anak daun yang berbentuk lanset (garis-garis). Bagian tepi daun bercangap. Setiap tanaman memiliki 5-7 tangkai daun berukuran agak panjang.Tangkai daun kaku dan tebal dengan permukaan yang halus, sedangkan helaian daun lemas dan tipis. Daun berfungsi sebagai tempat berlangsunya proses fotosintesis untuk menghasilkan zat-zat yang diperlukan dalam pembentukan organ vegetatif (batang, akar, dan daun) dan organ generatif (bunga, buah, biji dan umbi)

Batang
Batang tanaman wortel sangat pendek sehingga hampir tidak tampak, berbentuk bulat, tidak berkayu, agak keras, dan berdiameter kecil (sekitar 1 cm –1,5 cm). Pada umumnya, batang berwarna hijau tua. Batang tanaman tidak bercabang, namun ditumbuhi oleh tangkai-tangkai daun yang berukuran panjang, sehingga terlihat seperti bercabang-cabang. Batang memiliki permukaan yang halus dan mengalami penebalan pada tempat tumbuh tangkai-tangkai daun. Batang tanaman berfungsi sebagai jalan untuk mengangkut air dan zat-zat makanan dari dalam tanah ke daun, dan zat-zat hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tubuh tanaman.
Akar 
Tanaman wortel memiliki sistem perakaran tunggang dan serabut. Dalam pertumbuhannya, akar tunggang akan mengalami perubahan bentuk dan fungsi menjadi tempat penyimpanan cadangan makanan. Bentuk akar akan berubah menjadi besar dan bulat memanjang, hingga mencapai diameter 6 cm dan memanjang sampai 30 cm, tergantung varietasnya. Akar tunggang yang telah berubah bentuk dan fungsi inilah yang sering disebut atau dikenal sebagai “umbi wortel”. Akar serabut menempel pada akar tunggang yang telah membesar (umbi), tumbuh menyebar ke samping, dan berwarna kekuning-kuningan (putih gading). Akar tanaman berfungsi untuk menyerap zat-zat hara dan air yang diperlukan tanaman untuk melangsungkan proses fotosintesis, serta untuk memperkokoh berdirinya tanaman.

Bunga
Bunga tanaman wortel tumbuh pada ujung tanaman, berbentuk payung berganda,dan berwarna putih atau merah jambu agak pucat. Bunga memiliki tangkai yang pendek dan tebal. Kuntum-kuntum bunga terletak pada bidang lengkung yang sama. Bunga wortel yang telah mengalami penyerbukan akan menghasilkan buah dan biji-biji yang berukuran kecil-kecil dan berbulu.

Biji
Biji wortel merupakan biji tertutup dan berkeping dua, dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman (perkembangbiakan). Biji berbentuk bulat pipih dan berwarna kecoklat-coklatan, serta berukuran sangat kecil, yaitu panjang 3 mm dan lebar 1,5 mm. setiap gram benih berisi ± 200 biji.

Umbi
Umbi wortel terbentuk dari akar tunggang berubah fungsi menjadi tempat penyimpanan cadangan makanan (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air).Umbi wortel merupakan produk utama dari tanaman wortel yang dikonsumsi oleh manusia sebagai bahan pangan. Kulit umbi tipis dan berwarna kuning kemerahan atau jingga kekuningan, karena kandungan kerotenoid yang tinggi. Daging umbi bertekstur renyah dengan rasa agak manis.

Daerah sentral produksi wortel di Pulau Jawa terdapat di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sentra produksi wortel di Jawa Barat meliputi Kabupaten Bandung, Bogor, Cianjur, Garut, Sukabumi, Kuningan, Pandeglang, dan Majalengka

Tipe-Tipe Wortel 
Pada awalnya hanya dikenal beberapa varietas wortel, namun dengan berkembangnya peradaban manusia dan teknologi, saat ini telah ditemukan varietas-varietas baru yang lebih unggul dari pada generasi-generasi sebelumnya. Varietas-varietas wortel terbagi menjadi 3 kelompok yang berdasarkan pada bentuk umbi, yaitu tipe Imperator, Chantenay, dan Nantes.

1.Tipe Imperator
Umbi berbentuk bulat panjang dengan ujung runcing (menyerupai kerucut), panjang umbi 20-30 cm, dan rasa yang kurang manis sehingga kurang disukai oleh konsumen.

2.Tipe Chantenay
Umbi berbentuk bulat panjang dengan ujung tumpul, panjang antara 15-20 cm, dan rasa yang manis sehingga disukai oleh konsumen.

3.Tipe Nantes
Umbi berbentuk peralihan antara tipe Imperator dan tipe Chantenay, yaitu bulat pendek dengan ukuran panjang 5-6 cm atau berbentuk bulat agak panjang dengan ukuran panjang 10-15 cm. 
Dari ketiga kelompok tersebut, varietas yang termasuk ke dalam kelompok chantenay yang dapat memberikan hasil (produksi) paling baik, sehingga paling banyak dikembangkan.  

Wortel termasuk sayur-sayuran yang paling luas dikenal manusia. Manusia mulai mengkonsumsi wortel setelah mengetahui beberapa manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Wortel merupakan tanaman khas dataran tinggi dengan ketinggian 1.200-1.500 m dpl untuk pertumbuhan terbaiknya. Suhu yang cocok untuk tanaman ini sekitar 22-24°C dengan kelembaban dan sinar matahari yang cukup. Persyaratan tanah yang sesuai untuk tanaman ini yaitu subur, gembur dan banyak mengandung humus, tata udara dan tata airnya berjalan baik (tidak menggenang). 
Wortel dapat tumbuh baik pada pH antara 5,5-6,5 dan untuk hasil optimal diperlukan pH 6,0-6,8. Keunggulan tanaman ini adalah tanaman ini dapat ditanam sepanjang tahun, baik pada musim kemarau maupun musim hujan. Batangnya pendek dan berakar tunggang yang fungsinya berubah menjadi bulat dan memanjang. Namun, suhu udara tetap perlu diperhatikan, karena jika suhu udara terlalu tinggi sering kali menyebabkan umbi kecil-kecil dan berwarna pucat atau kusam, sedangkan jika suhu udara terlalu rendah maka umbi yang terbentuk adalah panjang keci.

Manfaat dan kandungan wortel 
Sebagai bahan pangan, umbi wortel mengandung nilai gizi yang tinggi. Umbi wortel memiliki rasa yang enak, renyah, dan agak manis, sehingga disukai oleh masyarakat. Umbi wortel dapat digunakan untuk membuat bermacam-macam masakan misalnya sup, bistik, mie dsb. Selain itu umbi wortel dapat digunakan sebagai bahan pewarna pangan alami (dalam bentuk tepung umbi). Umbi wortel juga memiliki kegunaan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, karena mengandung zat-zat yang berkhasiat, antara lain:

  • Senyawa β-karoten yang dapat menimbulkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tumor, menghambat penyebaran sel kanker. Selain itu β-karoten juga bermanfaat untuk menyamarkan flek (noda coklat) pada kulit.
  • Senyawa karotenoid (pro-vitamin A) yang dapat mencegah penyakit rabunsenja. 
  • Senyawa-senyawa lain yang dapat mengatasi jenis-jenis penyakit tertentu,misalnya lemah syaraf, mual-mual pada wanita hamil.
Selain dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan pengobatan, umbi wortel juga dapat digunakan untuk keperluan kosmetik, yakni untuk merawat kecantikan wajah dan kulit. Karotenoid dalam umbi wortel bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, melembutkan kulit, dan memperlambat timbulnya kerutan pada wajah, sehingga wajah selalu tampak berseri.
Demikian pembahasan tentang mengenal tanaman umbi sayuran wortel (Daucus carota L). Dimuat berdasarkan keterang dari sumber :

http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789/4536/05bab1_sulastri_10060310115_skr_2014.pdf?sequence=5&isAllowed=y
http://eprints.umm.ac.id/36814/3/jiptummpp-gdl-syabiaturr-50018-3-3.babii.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12454/3/bab%20II.pdf

Gambar dimuat berdasarkan hasil penelusuran google gambar dengan kata pencarian "wortel, tanaman eortel, jenis jenis wortel, klasifikasi tanaman wortel, karakteristik tanaman wortel". Sekian, semoga dapat menjadi referensi bacaan yang bermanfaat!! terimakasih.



 pasang iklan


No comments: