Inilah Beragam Manfaat dan Khasiat Mengkonsumsi Buah Sirsak

Buah dengan kulit penuh duri, tapi berbeda dengan buah durian yang memiliki kulit duri keras, akan tetapi buah ini memiliki duri yang lunak, yang mana itu adalah Buah Sirsak. Mungkin sebagian banyak orang belum mengetahui akan manfaat dari buah ini selain untuk dijadikan sebagai minuman jus yang segar. Padahal aslinya didalam buah sirsak ini ternyata terdapat banyak kandungan zat positif yang sangat amat penting di butuhkan oleh tubuh manusia.Bahkan tidak hanya itu saja, dengan zat yang dimilikinya tersebut, buah yang satu ini mampu menyembuhkan maupun mencegah berbagai macam bentuk penyakit, mulai dari yang ringan seperti guna meningkatkan energi agar saat beraktifitas tidak cepat lelah, sampai dengan yang berat yakni Kanker. 


Dalam 100 gr buah sirsak, terdapat 66 kalori, 16,8 gr karbohidrat, 1 gr protein, 0,3 gr lemak, 3,3 gr serat. Soal vitaminnya, 100 gr buah sirsak mengandung 20,6 mg vitamin C (34% AKG), serta 0,1 mg vitamin B6 (3% AKG). Sementara untuk kadar mineralnya adalah sebagai berikut:
  • 278 mg potasium (8% AKG)
  • 21 mg magnesium (5% AKG)
  • 0,1 mg thiamin (5% AKG)
  • 0,9 mg niasin (4% AKG)
  • 0,1 mg tembaga (4% AKG)
  • 0,1 mg riboflavin (3% AKG)
  • 14 mg folat (3% AKG)
  • 0,6 mg zat besi (3% AKG)
  • 27 mg fosfor (3% AKG)
  • 0,3 mg asam pantotenat (3% AKG)

Berikut adalah ragam manfaat dari buah sirsak :

Meningkatkan sistem imun tubuh
Beberapa senyawa yang terkandung dalam Sirsak, yakni muricapentocin dan acetogenins, menjadi manfaat buah sirsak yang dapat meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh agar terhindar dari berbagai bahaya penyakit.
 
Mengurangi risiko penyakit diabetes
Berbeda manisnya gula dengan buah sirsak, karena kandungan gula pada buah ini tidaklah tinggi, jadi manfaat buah sirsak dapat mengurangi risiko terhadap diabetes.
 
Melawan & mencegah kanker
Kanker masih menjadi satu penyakit yang mengerikan, tapi tidak setelah anda mengetahui manfaat buah sirsak yang satu ini, dimana dengan rutin mengkonsumsinya, berati secara langsung anda akan mendapatkan vitamin C dari buah ini, dimana di jelaskan pada beberapa penelitian, kalau vitamin C pada buah sirsak dapat menghambat adanya sel–sel kanker, dapat mengurangi efek dari kemoterapi.
 
Memberikan tambahan energi pada tubuh
Karbohidrat memang sangat di butuhkan oleh tubuh, untuk itu manfaat buah sirsak saat mengkonsumsinya, tercatat dalam satu gelas buah sirsak memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 38 gram, dan karbohidrat yang ada pada buah ini jauh lebih baik dibanding apa yang terdapat dalam kue.
 
Mengurangi risiko penyakit jantung
Dalam sebuah penelitian menyebutkan manfaat buah sirsak yakni mengurangi risiko penyakit jantung berkat vitamin C dari buah sirsak ini dapat memberikan reaksi yang baik terhadap pembuluh darah pada jantung.
 
Mencegah tulang rapuh & keropos (osteoporosis)
Fosfor dan Kalsium, merupakan 2 kandungan zat yang terdapat pada buah ini. Berkat keduanya, manfaat buah sirsak dapat mempertahankan agar tulang tetap kuat dan mencegah osteoporosis.
 
Mengatur keseimbangan asam dan basa dalam darah
Banyaknya kandungan vitamin pada buah sirsak dapat menyeimbangkan asam basa dalam darah.
 
Menangkal radikal bebas
Vitamin C pada buah sirsak memiliki banyak manfaatnya, salah satunya untuk menangkal radikal bebas, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.
 
Mengendurkan kontraksi otot tegang (kram)
Jika anda sering melakukan olah raga, sebaiknya sobat rutin konsumsi buah sirsak, baik itu dengan mengkonsumsinya secara langsung atau dengan cara jus, karena manfaat buah sirsak dapat mengendurkan kontraksi otot yang tegang setlah melakukan aktifitas berat.
 
Mencegah infeksi pada luka
Bila mengalami luka pada bagian tubuh ada baiknya setelah di bersihkan, anda bisa menerapkan manfaat buah sirsak yang satu ini, yakni dengan meletakan potongan buah sirsak pada bagian luka dapat mencegah timbulnya infeksi akibat bakteri dan mempercepat proses kesembuhan.
 
Mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi)
Buah yang begitu istimewa, meski kadangkala di acuhkan oleh sebagaian orang, manfaat buah sirsak ternyata dapat menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung, yakni dengan reaksi Vitamin C yang dibawa buah ini mampu memberikan reaksi pelonggaran arteri jantung, sehingga meminimalisir adanya serangan jantung.
 
Mencegah & merawat saluran kencing
Manfaat buah sirsak yang memiliki banyak kandungan air didalamnya mampu mencegah penyakit dan merawat saluran kencing.
 
Meminimalisir gangguan penglihatan (katarak)
Salah satu manfaat buah sirsak yakni dapat meminimalisir gangguan penglihatan terutama katarak. Diketahui dalam studi yang di lakukan oleh “National Eye Institute” menyebutkan banyaknya raganm nutrisi yang terdapat buah sirsak ( vitamin C, E, beta karoten, zinc) dapat menurunkan gangguan mata degenerasi makula sampai dengan 25%.
 
Meredakan stres / insomnia
Teh sirsak menjadi manfaat buah sirsak yang sangat efektif untuk meredakan stres, dikarenakan didalamnya terkandung zat yang dapat menenangkan pikiran, bahkan bisa untuk mengobati insomnia.
 
Membantu pembentukan sel darah merah
Membantu produksi hemoglobin merupakan salah satu manfaat buah sirsak, pasalanya didalam buah sirsak itu sendiri terdapat riboflavin yang dapat membantu produksi sel darah merah sehingga cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan tubuh.
 
Membuat lega pernafasan
Tentu tidak nyaman bila kita sedang mengalami batuk maupun pilek, karena kedua penyakit tersebut terjadi karena adanya peradangan, dan manfaat buah sirsak di sini dapat menjadi anti-radang, bahkan dapat mempercepat proses penyembuhan sekaligus meredakan iritasi pada tenggorokan.
 
Mencegah kerusakan saraf
Manfaat buah sirsak juga dapat mencegah kerusakan saraf yang ada di dalam tubuh melalui Vitamin B1 yang dapat mencegah gangguan saraf, dan Vitamin B1 yang dapat mempertahankan sistem saraf.
 
Menjaga kesehatan pencernaan
Sering kali mengalami masalah dengan pencernaan seperti diare ataupun sembelit, solusi yang di tawarkan dari manfaat buah sirsak yakni dapat menyumbang vitamin B2, yang notabennya dapat melindungi membran mukosa usus sehingga pencernaan terjaga kesehatannya dan tetap lancar.
 
Mengobati asam urat
Asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian saraf, dan bila di biarkan tentunya bakal memberikan efek tidak baik bagi tubuh, namun ada penangkalnya disini, karena manfaat buah sirsak dengan berbagai kandungan zat baik didalamnya dapat mengobatinya, asalkan anda secara rutin mengkonsumsinya.
 
Memenuhi kebutuhan serat pada tubuh
Mempunyai banyak kandungan serat, manfaat buah sirsak dapat melancarkan pencernaan, jadi bagi anda yang sedang menginginkan tubuh yang ideal, bisa dengan mengkonsumsi buah ini, karena bersifat mengontol berat badan.
 
Mencegah dehidrasi
Kandungan air pada buah sirsak sangatlah banyak, terbilang dalam secangkir sirsak memiliki kandungan air 183 gram, sehingga dengan begitu, manfaat buah sirsak ini dapat mencegah dehidrasi.
 
Mencegah penyakit liver
Manfaat buah sirsak selanjutnya dapat mengobati penyakit tersebut, dimana anda hanya perlu membuat jus buah sirsak dan meminumnya selama satu minggu secara berturut–turut.
 
Mencegah diare pada bayi
Siapa sangka manfaat buah sirsak dapat pula mengobati diare pada bayi, caranya juga tidak terlalu sulit, pasalnya anda cukup meminumkan air perasan buah sirsak yang matang sebanyak 2 atau 3 sendok makan.
  
Mencegah ambeien.
Penyakit yang satu ini biasanya mengincar orang dengan umur lanjut atau para wanita, tapi tida perlu khawatir, karena mnfaat buah sirsak dapat mengobati ambeien, yakni caranya dengan meminum perasan buah sirsak yang telah disaring terlebih dahulu sehingga tinggal airnya saja pada pagi dan sore hari. 
 
Akan tetapi perlu anda ketahui lebih lanjut, sekalipun terdapat banyak manfaat buah sirsak, buah ini juga memiliki efek samping jika tidak sesuai takaran saat menggunakannya, atau dengan kata lain overdosis. Berikut paparan jika berlebihan mengkonsumsi buah sirsak.
  • Menyebabkan sembelit bila si pengguna tidak sedang mengalami disentri, namun secara sengaja meminum rambuan buah sirsak, pasalnya ramuan tersebut berfungsi untuk mengobat
  • Penggunan secara terus menerus atau dalam jangka panjang, bukan manfaat buah sirsak lagi yang kita dapat, namun jusru dapat membunuh bakteriyang berguna dalam saluran pencernaan
  • Bahaya keracunan ketika mengkonsumsi buah sirsak secara berlebih
  • Mengkonsumsi buah sirsak dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan muntah, sedasi, dan mual
  • Mengakibatkan tekanan darah rendah karena buah sirsak ini bersifat melebarkan pembuluh darah
  • Jika sedang berjalan minum obat anti depresi, sebaiknya jangan konsumsi buah ini, karena dapat menghilangkan efek obat anti depresi itu sendiri
  • Konsumsi secara terus menerus buah sirsak dapat mengakibatkan infeksi jamur di dalam tubuh
  • Efek kurang baik bagi ibu hamil bila mengkonsumsi buah sirsak, karena dapat merangsang kontraksi pada rahim, malah pada kasus yang lebih fatal, dapat menyebabkan keguguran pada umur kehamilan muda

Dari penjelasan diatas tentunya bisa petik akan manfaat buah sirsak yang begitu banyak bagi tubuh. Akan tetapi bila mengkonsumsinya secara berlebihan atau tanpa ada aturan, justru bakal menjadi bomerang bagi kesehatan kita sendiri, karena dibalik manfaat buah sirsak terdapat efek samping yang perlu kita hindari, jadi gunakannlah dengan cukup agar Manfaat Buah Sirsak dapat dirasakan untuk kesehatan tubuh. 
 
Demikian pembahasan mengenal manfaat dan khasiat mengkonsumsi buah sirsak. Dimuat dari sumber https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-buah-sirsak/, https://www.honestdocs.id/20-manfaat-buah-sirsak-selain-untuk-kanker &https://www.playon.co.id/manfaat-buah-sirsak-bagi-kesehatan/215/. Gambar di muat berdasarkan penelusuran google gambar dengan kata pencarian "buah sirsak, olahan sirsak, khasiat buah sirsak, tanaman buah sirsak". Sekian, semoga menjadi referensi bacaan yang menyegarkan! Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Sekilas Mengenal Karakteristik Tanaman Daun Bayam (Amaranthus sp) Raja Sayuran Daun

Mengenal Karakteristik Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis) Sayuran Populer Dapur

Karakteristik Morfologi Tanaman Pohon Buah Kelapa (Cocos nucifera) Pohon Kehidupan dan Serba Guna