Karakteristik Morfologi dan Manfaat Lidah Buaya (Aloe vera) Tanaman Unik Beragam Khasiat

Lidah Buaya atau Aloe vera merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di Benua Afrika. Menurut sejarahnya, lidah buaya dibawa ke Indonesia oleh bangsa Cina pada abad ke-17. Semula pemanfaatan tanaman tersebut terbatas sebagai tanaman hias, ramuan obat-obat tradisional, dan bahan kecantikan. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.
 
 
Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. 
 
Lidah buaya sering dikenal dengan nama aloe vera atau aloe. Karena penyebarannya yang cukup luas, lidah buaya memiliki nama lokal yang beragam, yang jumlahnya mencapa sekitar 75 nama, di antaranya adalah ghai kunwar, gwar-patha, yaa dam, lou-houey, zambila, dan lain-lain. Kata aloe berasal dari bahasa Arab alloeh yang artinya zat yang pahit dan berkilau, sedangkan kata vera dianggap dari bahasa Latin yang bermakna kebenaran. 
 
Secara spesifik sebenarnya kata aloe menurut badan kesehatan dunia (World Health Organization) digunakan untuk mendefinisikan hasil pengeringan jus daun Aloe vera (L.) Burn. F. Atau A. Ferox Mill dari hasil hibridanya. Aloe vera (L.) Burn. F. Dianggap sinonim dari nama yang sebenarnya, yaitu Aloe barbadensis Mill.  
 
Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya
 
Kingdom : Plantae
Divisi : SpermatopHyta
Kelas : Monocotyledoneae
Ordo : Lilifrorae
Famili : Liliceae
Genus : Aloe
Species : Aloe vera  
 
Morfologi Tanaman Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya sangat mudah dikenali. Tanaman menyerupai kaktus tersebut merupakan jenis sukulen atau banyak mengandung cairan. Lidah buaya merupakan tumbuhan yang dapat hidup di tempat yang bersuhu tinggi atau ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Ciri-ciri tanaman lidah buaya, antara lain daunnya agak runcing berbentuk taji, tebal, getas, tepinya bergerigi/ berduri kecil; permukaan berbintik-bintik dengan panjang cm dan lebar 2-6 cm. 
 
 
Batang Tanaman
Lidah buaya atau Aloe vera berbatang pendek dan kecil yang dikelilingi oleh pelepah daun. Batangnya tidak terlihat karena tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagian terbenam dalam tanah. Melalui batang ini akan muncul tunas-tunas yang selanjutnya menjadikan anakan. Lidah buaya yang bertangkai panjang juga muncul dari batang melalui celah-celah atau ketiak daun. Lidah buaya tidak mempunyai cabang. Batang lidah buaya juga dapat disetek untuk perbanyakan tanaman. 
 
Daun
Daun tanaman lidah buaya berbentuk pita dengan helaian yang memanjang. Daun lidah buaya melekat dari bagian bawah batu satu dengan yang lain berhadap-hadapan membentuk struktur khas yang disebut roset. Daunnya berdaging tebal, tidak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan, bersifat sukulen (banyak mengandung air) dan banyak mengandung getah atau lendir (gel) yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku obat. 
 
Bentuk daunnya menyerupai pedang dengan ujung meruncing, permukaan daun dilapisi lilin, dengan duri lemas dipinggirnya. Panjang daun dapat mencapai cm, dengan berat 0,5 kg 1 kg, daun melingkar rapat di sekeliling batang bersaf-saf. Pada tepi daun terdapat duri yang tidak terlalu keras, warna daunnya berwarna hijau, dan pada daun yang masih muda terdapat bercak-bercak putih. 
 
Bunga
Bunga lidah buaya berwarna kuning atau kemerahan berupa pipa yang mengumpul, keluar dari ketiak daun. Bunganya berukuran kecil, tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan, dan panjangnya bisa mencapai 1 meter. Bunga lidah buaya biasanya muncul bila ditanam di pegunungan. 
 
Akar
Akar tanaman lidah buaya berupa akar serabut yang pendekmenyebar ke samping di bagian bawah tanaman. Panjang akar berkisar antara cm. Untuk pertumbuhannya tanaman menghendaki tanah yang subur dan gembur di bagian atasnya.   
 
Syarat Tumbuh Tanaman Lidah Buaya
Iklim Tanaman lidah buaya tahan terdapat segala unsur iklim, yaitu suhu, curah hujan, dan sinar matahari. Tanaman ini juga tahan kekeringan, dapat menyimpan air pada daunnya yang tebal, mulut daunnya tertutup rapat sehingga dapat mengurangi penguapan pada musim kering. Suhu optimum untuk pertumbuhan tanaman lidah buaya antara 28 C-32 
 
 
Lidah buaya termasuk tanaman yang efektif penggunaan air, sehingga dapat tumbuh di daerah basah maupun kering. Namun, lidah buaya yang tumbuh di daerah basah rentan terserang cendawan. Ketinggian tempat Lidah buaya dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran tinggi sampai daerah dataran tinggi dengan ketinggian m di atas permukaan laut, tetapi untuk mendapatkan hasil terbaik sebaiknya lidah buaya dibudidayakan pada daerah yang ketinggiannya kurang dari m dpl.
 
Tanah yang dikehendaki lidah buaya adalah tanah subur, kaya bahan organik, dan gembur. Apabila tanaman ditanam di daerah yang bertanah mineral maupun tanah organik, agar dapat tumbuh dengan baik diperlukan tambahan pupuk. Derajat keasaman atau ph ideal untuk tanaman lidah buaya adalah 5,5-6. 
 
Tanah yang terlalu asam dapat mengakibatkan tanaman lidah buaya keracunan logam berat, sehingga ujung-ujung daun menjadi kuning seperti terbakar, pertumbuhan terhambat, dan jumlah anakan berkurang. sirkulasi air dan udara selalu dalam keadaan baik sangat diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. 
 
Manfaat Lidah Buaya
Tanaman Lidah Buaya dikenal sebagai bahan obat tradisional dan kosmetika termasuk dalam bidang farmasi. Khasiat yang tersimpan dari lidah buaya untuk pembersih darah, penurun panas, obat wasir, batuk rejan dan mempercepat penyembuhan luka. Sejumlah nutrisi yang bermanfaat terkandung di dalam lidah buaya, berupa bahan organik dan anorganik, di antaranya vitamin, mineral, beberapa asam amino, serta enzim yang diperlukan tubuh. 
 
Penggunaannya dapat berupa gel dalam bentuk segar atau dalam bentuk bahan jadi seperti kapsul, jus, makanan dan minuman kesehatan. Instan aloe vera yang dihasilkan dari mikroenkapsulasi bubuk lidah buaya mempunyai aktifitas hipoglikemik dan dapat mencukupi kebutuhan antioksidan untuk mencegah penyakit diabetes melitus. 
 
 
Manfaat lain dari lidah buaya yaitu:
  • Membantu menyembuhkan luka
  • Meminimalkan kerusakan kulit akibat radang yang disebabkan oleh udara dingin
  • Melindungi kulit dari sinar X, karena tanamn lidah buaya adalah antioksidan yang efektif dan dapat membersihan radikal bebas yang disebabkan oleh sinar radiasi X.
  • Mengurangi timbulnya penyakit kanker, infeksi akibat serangan HIV dan mengurangipembengkakan pada radang sendi.
 
Bagian-bagian dari lidah buaya yang dapat di manfaatkan sebagai obat :
 
1. Eksudat, Saat daun lidah buaya yang diiris dari batangnya akan meleleh semacam getah kental yang berwarna kuning. Cairan yang berasal dari bagian pelepah daun lidah buaya mengandung aloin sebagai bahan aktif laktasif/pencahar.
 
2. Gel, Bagian yang paling dominan dari lidah buaya adalah cairan lendir yang keluar darikulit daun lidah buaya daun yang dikupas yang mengandung zat nutrisi yang meliputi asam amino, enzim, mineral, dan vitamin. Gel lidah buaya ini tidak memiliki warna dan tidak berbau. Gel lidah buaya yang terdiri dari polisakarida, berperan menghalangi kelembaban dan oksigen yang dapat mempercepat pembusukan makanan. Gel ini juga mengandung antibiotik dan anti cendawan yang berpotensi memperlambat atau menghalangi mikroorganisme yang mengakibatkan keracunan makanan pada manusia.
 
Kandungan lidah buaya yang dapat bermanfaat :
 
1. Polifenol merupakan senyawa turunan fenol yang mempunyai aktivitas sebagai antioksidan. Antioksidan fenolik digunakan untuk mencengah kerusakan akibat reaksi oksidasi pada makanan, kosmetik, farmasi dan plastik. Fungsi polifenol sebagai penangkap dan pengikat radikal bebas dari rusaknya ion-ion logam.
 
2. Saponin adalah senyawa aktif permukaan yang menimbulkan busa jika dikocok dalam air dan pada konsentrasi yang rendah sering menyebabkan hermolisis sel darah merah. Samponin memiliki kemampuan sebagai pembersih sehingga efektif untuk luka bakar terbuka.

Demikian pembahasan singkat tentang Karakteristik Morfologi dan Manfaat Lidah Buaya (Aloe vera) Tanaman Unik Berkhasiat. Dimuat berdasarkan sumber dari :
https://docplayer.info/64307595-Tanaman-lidah-buaya-i-definisi.html#tab_1_1_2
http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/2977/3/BAB%20II.pdf
Gambar berdasarkan hasil penelusuran google gambar dengan kata pencarian "tanaman lidah buaya, klasifikasi dan morfologi tanaman lidah buaya, manfaat lidah buaya". Sekian, semoga dapat menjadi referensi bacaan yang bermanfaat! Terimakasih.

No comments: