Langkah Produksi Pengolahan Buah Pisang Menjadi Olahan Pisang Salai

Pisang mengandung protein yang kadarnya lebih tinggi dari pada buah-buahan lainnya, dan buah pisang termasuk buah yang mudah busuk. Untuk mencegah pembusukan dapat dilakukan dengan pengawetan, misalnya dalam bentuk salai. Salai pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan atau pengasapan. Pisang salai kaya karbohidrat, vitamin dan mineral.


Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu salai pisang adalah warna, rasa, aroma, kekenyalan dan ketahanan simpanannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Salai pisang yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada musim hujan. Pisang salai yang bila dibuat pada musim penghujan perlu dikeringkan dengan pengeringan buatan (dengan sistem tungku).

Dikenal ada tiga cara pembuatan pisang salai, yaitu :
  1. Cara tradisional dengan menggunakan asap tungku
  2. Cara pengasapan dengan menggunakan asap belerang
  3. Cara basah dengan menggunakan natrium bisulfat 

Tujuan utama dari pengolahan pisang menjadi pisang salai ini adalah untuk memberikan nilai tambah dan mengawetkan / memperpanjang masa simpan buah pisang.  

Proses Pengolahan Pisang Salai
Penyiapan bahan
  • Buah pisang dengan tingkat kematangan sekitar 80-90%
  • Kayu bakar secukupnya (cara tradisional)
Penyiapan alat
Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat salai pisang antara lain:
  • Lemari pengasapan
  • Pisau stainless stell
  • Panci
  • Baskom
  • Rak pengering
  • Tampah/nyiru
  • Plastik polipropilen
  • Sendok
  • Pemippih pisang
  • Tungku/kompor
  • Label

Pengupasan
Pisang yang telah tua dan matang dikupas kulitnya, dikerok sedikit bagian luarnya hingga bersih. Proses tersebut bertujuan untuk menghilangkan lapisan tanin yang terdapat pada permukaan pisang, sehingga salai yang dihasilkan berwarna cokelat mengkilap dan menghasilkan salai yang berwarna hitam.

Pengsapan
Pisang diletakkan di atas tampah, dimasukkan kedalam lemari pengasapan. Pisang diasapkan selama dua jam. Proses pengasapan bertujuan untuk memucatkan pisang, supaya diperoleh warna yang dikehendaki mematikan mikroba (jamur dan bakteri) serta mencegah perubahan warna.


Pengeringan 
Pisang dipipihkan dengan roll kemudian dijemur di atas rak. Proses pengeringan akan berpengaruh terhadap kadar air, nilai, nilai gizi, aktifitas enzim, jasad renik dan warna salai pisang. Pengeringan dapat dilakukan dengan sinar matahari atau menggunakan alat pengering buatan (oven dryer). Sambil dijemur sewaktu waktu pisang dipipihkan dengan kayu berbentuk silinder atau bambu sampai ketebalan yang dikehendaki.

Pengemasan
Proses pengemasan bertujuan meningkatkan daya simpan produk. Bahan kemasan yang umum digunakan untuk salai pisang adalah daun pisang kering atau plastik polipropilen. Pengemasan produk sebaiknya menggunakan mesin pengemas vakum (Vakum sealer). Barikutnya jika olahan pisang salai yang di produksi untuk pemasaran, maka perlu pemberian label. Pelabelan makanan disini harus mengikuti ketentuan PP No. 69 tahun 1999 tentang Labell dan Iklan Pangan. Pemberian label bertujuan untuk memberikan penampilan kemasan yang menarik. Informasi tersiri dari nama produk, daftar bahan yang digunakan, berat bersih, nama dan alamat pihak yang memproduksi, tanggal, bulan dan tahun kadaluarsa, nomor registrasi serta label halal.


Penyimpanan 
Penyimpanan produk akhir sebaiknya dilakukan diruang yang terpisah dengan ruang penyimpanan bahan baku. Dalam penyimpanan usahakan agar tumpukan tidak terlalu tinggi karena dapat merusak produk yang dibagian bawah. Dalam proses pengangkutan dihindarkan dari kerusakan fisik dan pengaruh cahaya sinar matahari langsung untuk mencegah terjadinya proses oksidasi. Apabila semua faktor tersebut dilakukan dengan benar maka salai pisang yang dihasilkan dapat bertahan kurang lebih satu tahun. 

Demikian ulasan singkat tentang Langkah Produksi Pengolahan Buah Pisang Menjadi Olahan Pisang Salai. Dimuat dari sumber brosur teknologi pengolahan hasil pertanian dengan judul "Teknik Pengolahan Salai Pisang". Gambar dimuat berdasarkan penelusuran google gambar dengan kata pencarian "Olahan pisang salai, produksi salai pisang, bahan pembuatan pisang salai". Sekian, semoga dapat menjadi referensi bacaan yang bermanfaat! Terimaksih.

No comments: