Sekilas Mengenal Tumbuhan Pohon Salam (Syzygium polyanthum) Tanaman Yang Dimanfaatkan Daunnya Sebagai Rempah

Tumbuhan Salam (Syzygium polyanthum) adalah nama tumbuhan yang merupakan penghasilrempah dan merupakan salah satu tanaman obat di Indonesia. Tumbuhan salam merupakan tumbuhan yang banyak ditanam untuk menghasilkan daunnya. Beberapa nama yang dimiliki oleh tumbuhan ini yaitu ubai serai (Melayu), manting (Jawa), dan gowok (Sunda). Nama ilmiah dari tumbuhan ini yaitu Syzygium polyanthum (Wight.) Walp atau Eugenia polyantha Wight. 
 
 
Salam (Syzygium polyanthum (Wight.) Walp.), daunnya digunakan sebagai rempah dalam masakan. Daun salam ini memberikan aroma yang khas namun tidak keras. Kayunya berwarna coklat jingga kemerahan dan berkualitas menengah dandapat dipergunakan sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga. Kulit batang salam mengandung tanin, kerap dimanfaatkan untuk mewarnai dan mengawetkan jala, bahan anyaman dari bambu dan lain-lain. 
 
Pohon salam tumbuh tersebar di Asia Tenggara, mulai dari Burma, Indochina, Semenanjung Malaya, Kalimantan dan Jawa. Di samping itu, salam ditanam di kebun-kebun pekarangan dan lahan-lahan lain, terutama untuk diambil daunnya. 
 
Klasifikasi Tumbuhan Pohon Salam : 
 
Kingdom : Plantae 
Divisio : Spermatophyta 
Kelas : Dicotyledoneae 
Anak kelas : Dialypetalae 
Ordo : Myrtales 
Famili : Myrtaceae 
Genus : Syzygium
Spesies : Syzygium polyanthum (Wight.) 
 
Tumbuhan salam tumbuh di ketinggian 5 m sampai 1.000 m di atas permukaan laut. Pohon salam dapat tumbuh di dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 m. Tumbuhan salam termasuk dalam tumbuhan menahun atau tumbuhan keras karena dapat mencapai umur bertahun-tahun. Tumbuhan salam merupakan pohon atau perdu. Memiliki tinggi berkisar antara 18 m hingga 27 m dan biasanya tumbuh liar di hutan.   
 
Arah tumbuh batang tegak lurus dengan bentuk batang bulat dan permukaanyang beralur, batangnya berkayu biasanya keras dan kuat. Cara percabangan batangnya monopodial, batang pokok selalu tampak jelas. Memiliki arah tumbuh cabang yang tegak.
 
Bunga tumbuhan salam kebanyakan adalah bunga banci dengan kelopak dan mahkota masing-masing terdiri atas 4-5 daun kelopak dan jumlah daun mahkota yang sama, kadang-kadang berlekatan. Bunganya memiliki banyak benang sari, kadang-kadang berkelopak berhadapan dengan daun-daun mahkota. Tangkai sari berwarna cerah, yang kadang-kadang menjadi bagian bunga. Bakal buah tenggelam dan mempunyai 1 tangkai putik, beruang 1 sampai banyak, dengan 1-8 bakal biji dalam tiap ruang. Biji memiliki sedikit atau tanpa endosperm, lembaga lurus, bengkok atau melingkar. 
 
 
Daun salam memiliki bentuk daun yang lonjong sampai elip atau bundar telur sungsang dengan pangkal lancip, sedangkan ujungnya lancip sampai tumpul dengan panjang 50 mm sampai 150 mm, lebar 35 mm sampai 65 mm, dan terdapat 6 sampai 10 urat daun lateral. Panjang tangkai daun 5 mm sampai 12 mm. Daun salam merupakan daun tunggal yang letaknya berhadapan. Permukaan daunnya licin dan berwarna hijau muda danjika diremas berbau harum.
 
Tumbuhan salam memiliki bunga majemuk yang tersusun dalam malai yang keluar dari ujung ranting, berwarna putih dan baunya harum. Buahnya termasuk buah buni dengan diameter 8-9 mm. Buah yang masih muda berwarna hijau dan setelah masak menjadi merah gelap, memiliki rasa agak sepat. 
 
Bagian utama yang dimanfaatkan dari tumbuhan salam adalah daun, selain itu, kulit batang, akar, dan buah juga berkhasiat sebagai obat. Daun salam dapat digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, sakit maag, dan diare. 
 
Kandungan kimia yang terdapat pada daun salam adalah tannin, flavonoid, minyak atsiri, sitral, eugenol, seskuiterpen, triterpenoid, fenol, steroid, lakton, saponin, dan karbohidrat. Selain itu daun salam juga mengandung beberapa vitamin, di antaranya vitamin C, vitamin A, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat. Bahkan mineral seperti selenium terdapat di dalam kandungan daun salam. 
 
Demikian ulasan tentang Sekilas Mengenal Tumbuhan Pohon Salam (Syzygium polyanthum) Tanaman Yang Dimanfaatkan Daunnya Sebagai Rempah. Dimuat berdasarkan sumber dari :
http://digilib.unila.ac.id/3807/14/BAB%20II.pdf
http://eprints.umm.ac.id/39792/3/BAB%20II.pdf
http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/41053/Chapter%20II.pdf;jsessionid=E7EAA8ADD84A7248694CE350289464AE?sequence=3
Gambar dimuat berdasarkan penelusuran google gambar dengan kata pencarian "tanaman pohon salam, karakteristik tumbuhan pohon salam, khasiat utama daun salam". Sekian, semoga dapat menjadi referensi bacaaan yang bermanfaat! Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Sekilas Mengenal Karakteristik Tanaman Daun Bayam (Amaranthus sp) Raja Sayuran Daun

Mengenal Karakteristik Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis) Sayuran Populer Dapur

Karakteristik Morfologi Tanaman Pohon Buah Kelapa (Cocos nucifera) Pohon Kehidupan dan Serba Guna